General Orientation in Binus University

Jam menunjukkan pukul 5 pagi, dan dengan semangat saya bangun dari tidur. Ucapan syukur dan terimakasih kepada Tuhan, karena Tuhan telah memberi kesempatan lagi untuk menjalani hidup, dan juga Tuhan pastinya memberikan kesempatan mahasiswa-mahasiswa baru yang akan menjalani FEP ini..

Setelah itu saya bangun pagi, menyelesaikan segala keperluan pribadi dirumah, dan tidak lupa sarapan. Kemeja biru kotak-kotak berlengan panjang, celana jeans hitam, sepatu hitam-putih, Binusian Card Flazz didompet, kartu FEP, alat tulis, kertas binder, dan sebagainya. Pokoknya saya persiapkan semuanya supaya tidak ada lagi halangan saat di kampus. Saat motor sudah standby, saya langsung meluncur ke TKP, yaitu Kampus Syahdan.. Ngomong-ngomong saya sendirian loh naik motornya(?). Selama di jalan, saya kepikiran terus bagaimana ya teman-teman saya nanti? Apakah ada yang kocak-kocak? Ada cewe cakep ga ya? Gimana ya kelasnya? Rame engga ya? Dan segala macam penuh di pikiran saya, dan saya akan melakukan yang terbaik untuk semuanya.

binus syahdan

Bayangan saya ke kampus Syahdan. Sumber: google.com

Sampai di depan kampus. Dan saya bingung, parkir motor dimana ya? Saya tanya-tanya ke satpamnya, “Mas, parkir motor dimana ya?”. Dia bilang, “Parkir didepan Indomart aja ya dek”.. Saya jalan ke depan indomart, abis itu saya mikir, ini aman enggak tempatnya? Saya bayar parkir 5000 rupiah ke abang-abangnya, dan saya bilang, “Bang ini pasti kan bang aman? Tolong ya bang”. “Iya dek santai aja saya udah 5 tahun disini dek, ga pernah ada yang ilang”. Saat markirin motor saya ketemu seorang mahasiswa baru, sayangnya dia cowok.. Berikut percakapannya:
dia bertanya,

“eh lu mahasiswa baru ya?”,
“iya nih, lu juga kan? Ayo masuk bareng aja”,
“btw kenalan dong, nama lu siapa?”,
“nama gue Gagas, nama lu siapa ya?”
“nama gue . . . (Jujur lupa namanya nih!! T_T), yaudah yuk masuk”…

Percakapan berlangsung panjang, ternyata dia adalah anak design interior yang tinggalnya di daerah Ciledug. Saya antarkan dia ke kelasnya yang sudah tertera di kartu FEP. Setelah itu saya sendiri bingung kelas saya dimana(?).. Akhirnya saya tanya-tanya ke mahasiswa yang lain, sekalian nanya nama dan jurusan dia.. Mungkin udah 3 orang saya tanya namanya dan belum ketemu kelasnya, di situlah saya mulai panik karena 3 menit lagi akan dimulai. Disaat itu saya lihat ada panitia yang keliling dan kebetulan ini cewek, hahaha…
“Kak, boleh nanya engga ini ruangannya dimana ya?” (sambil nunjukin kartu FEP).
“ini BBN01, ruangannya di sebelah sini..”, (menunjuk pintu K3A).
“Oke deh kak, makasih banyak yaa”..
“Iya sama-sama”..

syahdan

Kelas di Syahdan. Sumber: google.com

Akhirnya saya masuk ke kelasnya juga.. Kelasnya itu ber-AC, banyak kursi-kursi, dan ada papan tulis serta 1 buah komputer termasuk LCD.. Teman-teman yang dikelas sepertinya berjumlah 50-60 orang. Kemudian ada kakak-kakak kelas yang mungkin akan membimbing kita di sini. Seorang kakak kelas berbicara,”Yak selamat pagi, perkenalkan nama gue Jimmy, kenalkan juga teman-teman gue disini..”. Kemudian mereka memperkenalkan nama mereka satu per satu, jujur aja waktu itu yang saya inget namanya cuma 2-3 kakak kelas.. “Yak kalian disini adalah buddy, dan kita adalah buddy coordinator yang akan membimbing kalian selama satu semester. Sekarang kalian perkenalan diri masing-masing. Nama, sekolah, dan alasannya masuk di binus ini, mulai dari yang paling kanan. Oh iya sekalian ya ini diabsen di kertas nama, tanggal lahir, nomor HP, alamat email”. Semua perkenalan diri, dan saya mendapat urutan yang ke-19, saya memperkenalkan diri secara penuh percaya diri.

Setelah semuanya memperkenalkan diri, kita bermain games yang dibimbing oleh Ci Agnes.. Jadi gamesnya per-kelompok itu mengurutkan nomor sepatu dari yang paling kecil ke yang paling besar, mengurutkan 3 angka belakang pada binusian card flazz, dan juga menebak siapa BC yang paling tua, yang paling muda, yang paling sedikit/banyak punya mantan pacar.. Secara tidak langsung saya mengetahui, tujuan BC mengadakan game ini adalah untuk mengenal satu sama lain, termasuk mengenal para BC. Selama bermain, banyak teman-teman juga yang asik, lucu hingga membuat kita semua tertawa.

Komti Binus BBN01

Komti BBN01 : Hendry . Sumber: google.com

Selain itu kita ada pemilihan ketua kelas dan wakilnya.. Ada 4 kandidat, yang saya ingat orangnya hanya 3, yaitu Hendry, Richie, dan Sarah.. 1 lagi lupa, kalau tidak salah waktu itu si Adam SPY. Udahlah yang penting ada 4. Nah mereka mencalonkan dirinya karena mereka mungkin mampu untuk membawa kelas ini menjadi kelas yang matang. Mereka memberikan masing-masing visi misi yang akan dicapai dikelas ini. Menurut saya kandidat yang memberikan visi misi terbaik adalah Hendry dan Richie. Dari hasil voting, Hendry adalah ketua kelas, dan Richie adalah wakilnya. Saya sih berharap mereka bisa mengatur kelas ini. Saya tidak mencalonkan diri, mengapa? Karena saya memberikan kesempatan kepada mereka yang belum pernah menjadi ketua, atau juga bagi mereka yang ingin merevisi kepemimpinannya.

Para BC menunjukkan video yel-yel buddy Binusian 2019, dan kita semua disuruh menghafalnya. Et ya ditambah lagi, lagu Mars Binusian dan Mars Bina Nusantara harus hafal. Baru pertama masuk FEP udah disuruh ini itu. Belum lagi yel-yel kelas. Beuh haha.. Tapi yel-yel kelas juga sudah didiskusikan pada saat itu. Tapi saya sudah ada perasaan bahwa kelas ini bisa kompak dalam menjalani semua itu.

Kemudian para BC memberikan informasi bahwa besok kita akan mengenakan kemeja putih, celana hitam, dan sepatu hitam/putih. Tak lupa mereka memanggil nama kita satu per satu untuk memberikan sampul nametag beserta gantungannya, dan buku FEP yang berjudul “I Am a Global Citizen Binusian 2019”. Demikian juga meeting point untuk kita berkumpul besok di depan Admisi Anggrek pukul 12.30. Siang telah tiba, kita akan pulang dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh saya sendiri.. Saat pulang pun kita masih berbincang-bincang, menanyakan nama, sekolah, tempat tinggal, dan sebagainya. Mungkin ini adalah awal FEP yang tidak terduga, semua itu diluar bayangan yang telah saya pikirkan di pagi hari tadi..

Biodata BBN 01 (1)

Biodata BBN 01 (1)

Biodata BBN 01! (2)

Biodata BBN 01! (2)

Biodata BBN 01 (2)

Biodata BBN 01 (3)

 

 

 

 

Hari kedua FEP, wah kali ini saya bangun pagi lebih semangat dari yang kemarin, karena di kampus Anggrek, jadi parkir motornya enak hahahaha… Selalu utamakan Tuhan pada pagi hari. Hari ini pertama kalinya saya memakai pakaian kemeja putih, celana bahan hitam, dan sepatu hitam sesuai yang diinstruksikan oleh kakak-kakak BC. Tak lupa sarapan pagi, roti dan susu selalu disediakan oleh orang tua saya. Kemudian saya langsung berangkat ke kampus Anggrek menggunakan motor. Ditengah jalan, saya membayangkan hal yang sama seperti pagi kemarin. Sesampai di parkiran motor, kita semua berkumpul didepan admisi pada pukul 12.30. Wajah-wajah BC dan teman-teman sudah mulai saya kenali. Mungkin 4-5 orang yang namanya saya ingat. Kita semua dituntun oleh BC menuju lantai 4, dan kemudian masuk ke dalam sebuah ruangan yang besar, seperti gedung bioskop pada umumnya. Setelah saya tanya ke BC, ternyata ini adalah ruang auditorium. Biasanya ruangan ini digunakan untuk pertunjukan-pertunjukan, atau kelas besar. Saya bersama teman-teman sekelas duduk disebelah sayap kanan. Mungkin kursi di ruangan itu sekitar 500 ? Mungkin lebih?

auditorium anggrek

Auditorium Binus Anggrek. Sumber: google.com

Kemudian munculah MC nya, seorang perempuan yang saya lupa namanya. Untuk menghilangkan rasa jenuh, kita bermain games yang dinamakan Saimen Says (namanya betul tidak?). Jadi peraturan gamesnya itu mudah: kita harus mengikuti apa yang dilakukan oleh MC, tetapi harus ada kata saimen says. Games ini menarik, dan bisa di-share ke semua orang, misalkan teman-teman gereja kita.
Setelah itu ada seorang pembicara, dan membicarakan tentang Binus Way, perjalanan yang mungkin sudah ditempuh oleh para alumni, gelar-gelar, dan juga prestasinya. Ini membuat saya sedikit bersemangat untuk mencapai kesuksesan seperti mereka.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Laboratorium Komputer. Sumber: google.com

Setelah itu, kita menuju ke laboratorium komputer di ruangan 628-630 kalau tidak salah. Saya masuk ke kelas itu, dan para BC menyampaikan penjelasan tentang Binus Maya. Nah mereka menjelaskan detail, sampai kita mengerti tujuan atau kegunaan dari Binus Maya. Itu adalah salah satu website yang sangat membantu kita untuk menjalani perkuliahan. Berkat para BC dan Binus Maya, saya dapat membuat blog ini. Setelah ini kita istirahat 20 menit, kita makan di depan kelas. Masuk ke kelas kembali, kita diajarkan sedikit mengenai coding program. Aplikasi yang digunakan adalah “Microsoft Visual C++ 2010 Express Edition”. Berhubung saya sudah pernah belajar coding melalui aplikasi ini, saya mengerti dasar-dasar dalam sebuah program. Coding saya yang pertama kali, diajarkan oleh kakak kelas saya yang jurusannya adalah Game Application and Technology (GAT). Namanya tidak perlu disebutkan, nanti teman-teman pada cemburu. Sekarang beliau sudah semester 3 di Binus ini. Saya belajar coding saat liburan sebelum FEP, kurang lebih 3 minggu. Ini yang memicu saya untuk aktif belajar. Para BC memberikan informasi untuk besok hari. Jam sudah menunjukkan pukul 18.40, waktunya kita semua pulang.

Hari ketiga FEP, kita diinformasikan untuk pergi ke kampus Syahdan. Kata BC kemarin, kita disuruh berkumpul didepan ATM. Saya naik motor, jam 6.30 saya sudah berangkat, berhubung rumah saya di daerah Joglo. Kali ini saya memarkirkan motor di kampus Anggrek, karena merasa tidak aman di depan kampus Syahdan. Kemudian saya jalan kaki menuju Syahdan, sekalian olahraga pagi. Sesudah sampai di Syahdan, baru ada beberapa teman-teman, mungkin sekitar 20 orang sudah termasuk para BC nya. Pada dateng telat atau gimana nih? Jam 7.40, semua udah berkumpul dan menuju kelas L1C. Pertama ada kakak-kakak dari HIMTI (Himpunan Mahasiswa Tehnik Informatika). Mereka mau adain acara HTTP(HIMTI Togetherness and Top Performance).

http

HTTP SHINE 2015. Sumber: google.com

Katanya jika kita ikut acara itu, kita mendapatkan berbagai benefit. Tetapi saya berpikir juga ya. Harga pendaftaran aja 150ribu. Setelah itu, kakak BC melanjutkan pembelajaran. Jadi kita diberitahu tentang Entrepreneur Skill, ada Hard Skill dan Soft skill yang dibimbing para BC. Termasuk juga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Saya belum ada gambaran ingin masuk UKM yang mana, tetapi saya akan memikirkannya lebih matang.

BBN01 2

Latihan Yel-Yel BBN 01

Setelah itu kita ada latihan menyanyikan lagu Mars Binus dan Bina Nusantara. Hingga saat saya menuliskan blog ini, saya tidak hafal lagu itu secara maksimal. Tetapi jika dilakukan berulang-ulang akan hafal dengan sendirinya. Yel-yel sudah ditentukan lagunya pada hari pertama kita FEP, yaitu lagu “Worth It” oleh Fifth Harmony, dan lagu Doraemon. Kemudian kita satukan lagu itu secara bersama-sama. Untuk gerakan juga pastinya sudah kita atur sedemikian rupa. Baru deh kita nyanyi yang udah jadi susunan lagunya. Untuk beberapa teman ada yang nge-rap. Wah sepertinya keren yah. Setelah itu seperti biasa BC memberikan informasi, dan go home. Untuk hari ketiga ini tidak terlalu banyak catatan seperti hari-hari sebelumnya.

 BBN01 4 BBN01 3

Pada hari ke-4 ini nih, BBN01 mau ngapain ya? Coba tebak? Yak yak yak, BBN01 mau ambil Almamater. Kira-kira bentuknya seperti kakak-kakak BC yang diatas tuh. Keren loh! Mau jadi BC juga deh nanti. Hahahaha.. Kita disuruh berkumpul jam 11 di depan Admisi Anggrek. Kemudian ke lantai 3 dan masuk ke kelas 306 kalau tidak salah. Kita saling berbincang-bincang dengan teman-teman, dan semakin akrab dengan mereka. Mungkinkah Tuhan memberikan saya jalan yang terbaik? Saya bangga karena tidak ada kekerasan sama sekali di kampus. Oh iya ukuran almamater saya M, mungkin bagi saya ini ukuran yang paling tepat. Tampak gagah dengan almamater ini, saya ingin mencoba mengenakannya sambil keliling komplek Binus. Hehehe..

BBN01 6

Selfie with BBN01 ~

Dikarenakan waktunya masih banyak, jadi kita semua masuk ke salah satu kelas di lantai 6, kemudian kita latihan yel-yel buddy. Nah teman-teman dan para BC melihat gerakan saya paling bagus, makanya saya disuruh kedepan sendirian mempraktekkan gerakannya. Huuu sedih banget, tapi secara tidak langsung, saya jadi sedikit terkenal nih.. Wahahaha, bercanda, tapi sampai sekarang mereka tetap care sama saya. Akhirnya mereka semua mengikuti gerakan saya dan dari layar proyektor.

Setelah itu kita semua ke ruang Auditorium. Saya masih tidak mengerti, pengertian dari “Bunga Rampai” itu apa ya? Apakah ada bunga dirampai-rampai kan? hahaha.. Saat acara dimulai, ada 2 MC, dan keduanya adalah lelaki. Ternyata bunga rampai itu adalah kumpulan para UKM-ers. Jadi mereka mempresentasikan atau menampilkan beberapa aktivitas, kegiatan, gelar, dan prestasi dari setiap UKM. Bunga rampai ini menambah inspirasi bagi setiap mahasiswa baru agar bisa bergabung sesuai dengan minat mereka masing-masing. Tetapi saya tidak, saya masih bingung UKM apa yang ingin saya ikuti. Mungkin saya harus bertanya-tanya kepada teman-teman.

Next, selesai dari auditorium, kita semua ke kelas 301 kalau tidak salah. Kita belajar mengenai perkuliahan, registrasi, dan ujian. Tetapi yang memberikan pelajaran mengenai itu adalah salah satu dosen dari psikologi. Namanya . . . . . Ah lupa, kebanyakan lupanya.. Dosen menyuruh kita untuk mengeluarkan buku FEP yang hari pertama itu dibagikan oleh BC. Kita mengikuti instruksi-instruksinya, dan mencatat hal-hal yang penting selama dalam perkuliahan. Saat selesai, dosen keluar dari ruangan, kita latihan yel-yel bersama-sama. Tidak lupa juga Mars Binusian dan Bina Nusantara kita nyanyikan 3 kali dengan sikap tegap. Sudah sore, kemudian BC memberikan informasi untuk keesokan harinya, go home.

persekutuan oikoumene

Persekutuan Oikoumene. Sumber: Grup Facebook Persekutuan Oikoumene 2019

Hari ke-5, hari ini kegiatannya adalah kerohanian. Wah gimana ya komunitas kerohanian di Binus? Rasanya ingin gabung dengan mereka. Ternyata kalau agama Kristen, namanya adalah “Persekutuan Oikoumene”, biasa kita singkat PO. Saya dan teman-teman sekelas yang beragama Kristen, dibawa ke antara ruang 421 atau 423. Sebelumnya saya diberikan sebuah warta, kemudian saya masuk ke ruangan 421. Saya lihat ada pemusik yang terdiri dari Keyboard, Gitar, Cajon, dan termasuk Worship Leader nya. Saya senang berkumpul dengan komunitas seperti itu, karena.. ya nanti kalau mau tau lebih lanjut tentang saya, kalian bisa lihat dibagian Organization Skill. Jika saya jelaskan sekarang malah ruwet, hehe.. Kemudian kita menjalani ibadah, dan bertemu dengan kakak-kakak dari PO. Kakaknya ramah-ramah, dan juga asik diajak berbicara. Saya jadi mau bergabung dengan komunitas ini. Mungkin saja saya dapat seorang wanita, wuahahahaha….. Bercanda kok, jangan dianggap serius ya, soalnya lagi ngejalanin General Orientation nih… Kalau didalam foto PO diatas, saya ada di paling kiri tuh, lagi hadap kebawah.

bbn01_8956

Ada yang ulang tahun yeee!

Yak, setelah ibadah, kelas BBN01 berkumpul lagi di kelas 301. Kali ini kakak BC menjelaskan mengenai aturan tata tertib kehidupan kampus dan sukses kuliah. Bagaimana dan apa saja tata tertib yang boleh dan tidak boleh dilakukan di kampus. Setelah itu, kita semua tidak latihan yel-yel lagi. Karena mereka sudah mampu untuk melakukan yel-yel. Kita juga latihan menyanyikan lagu Mars Binusian dan Bina Nusantara. Oh iya ada yang Ulang Tahun nih, 4 orang lagi. Waduh, sampai BC perhatian sama buddy-buddynya. Makan-makan!

Setelah itu, kita semua foto bersama, layaknya sebuah keluarga besar. Saya sangat senang memiliki kelas seperti ini..

BBN 01 !!!

BBN 01 !!!

Hari ke-6 dari General Orientation. Wahhh hari yang ditunggu-tunggu, dimana setiap kelas BBN menyiapkan yel-yel nya sebaik mungkin. Yah itulah yang ada dipikiran saya pagi hari. Hahaha. Tapi karena dilakukan bersama-sama, saya tidak perlu panik. Saya yakin kelas saya adalah yang terbaik.. Acara kebersamaan ini dilaksanakan di parkir selatan Binus Syahdan. Ada 2 MC yang membawa acaranya, seorang laki dan seorang perempuan. Pertama kita menyanyikan lagu Mars Binusian dan Bina Nusantara. Saya jujur belum bisa. Setelah itu Yel-yel buddy pun kita semua BBN01 – BBN10 bergerak bersama. Tiba yang ditunggu-tunggu, yaitu yel-yel kelas.. Oh iya kalian bisa melihat kok yel-yel dari BBN01,

Saya ada dipaling kanan dan paling depan (dalam video dari rekaman), saya maju dan nge-shuffle. Kalau yang kiri itu Adam SPY. Jangan salah orang yaa.. Wah promosi deh saya, haha. Tapi saya akui, itu keren.. Motto BBN01 adalah “PECAH”.
Setelah itu, ternyata para BC juga punya yel-yel, hmm tapi lumayan lah mereka bisa membuat yel-yel, padahal mereka tidak punya waktu untuk menghafal yel-yel nya.

CSC-wp-binary_mobile

Cyber Security Community. Sumber: Group LINE CSC 2019

Setelah itu, kita ada EXPO UKM. Saya sudah memutuskan untuk mengikuti Cyber Security Community (CSC) dan Persekutuan Oikoumene (PO). Pertama kita berkeliling Kampus Syahdan dulu bersama salah satu BC. Hal ini bertujuan agar kita melihat UKM apa saja yang diadakan oleh Binus. Setelah 20 menit berkeliling, kita semua berpencar, dan saya langsung menuju ke CSC. Saya tanya apa saja sih kegiatan-kegiatan yang dilakukan di CSC, biaya, dan pendaftarannya. Saya sudah mendaftar, dan biayanya Rp.200.000,00. Cukup mahal bukan? Tetapi oleh pengurus CSC, mereka mengatakan bahwa uang Rp.200.000,00 itu tidak ada keuntungan untuk pengurus. Kita mendapatkan asuransi 1 tahun, kaos CSC, dan lainnya. Asuransinya yah mungkin yang membuat itu menjadi mahal. Tetapi terima saja, karena kita bukan siapa-siapa nya, hehehe..

persekutuan oikoumene 3

Sambutan Meriah dari Pengurus PO Binus. Sumber: Grup Facebook Persekutuan Oikoumene 2019

Selesai dari CSC, saya pergi ke tempat UKM PO berada. Disana ada banyak sekali wajah-wajah yang belum saya kenali, dan saya mencoba untuk menghafal nama mereka satu per satu walaupun lupa sampai sekarang. Saya disambut meriah oleh semua pengurus yang hadir disitu. Pengurusnya menawarkan untuk ikut kebaktian padang di Taman Wiladatika, Cibubur. Saya langsung accept saja.
Oh iya mereka juga punya permainan-permainan loh, jadi kita main UNO Stacko, Karangball, Darts, dan lain sebagainya. Saat saya bermain, saya menemukan banyak teman dari kelas BBN yang lain. Saya ikut-ikut supaya juga sedikit dikenal teman-teman dan termasuk dari pengurus PO nya, hehehe.. Tapi saya tidak bermaksud untuk menyombongkan dan memegahkan diri. Saya hanya ingin mencari kedamaian diantaranya. Hehehe..

persekutuan oikoumene 4

Nih saya di EXPO Binus 2019. Sedikit lagi saya menyelesaikan rubik itu, hehehe.  Sumber: Grup Facebook Persekutuan Oikoumene 2019

Nah kata pengurusnya, saya akan dapat hadiah juga bisa memenangkan permainan-permainannya. Disaat saya bermain, saya menemukan sebuah Rubik 5 x 5 . Kalian tau rubik kan? Kotak-kotak warna-warni berbentuk kubus. Nah mereka bilang kalau bisa menyelesaikan rubik ini, kamu bisa dapet hadiah yang ada di meja pelayanan. Berhubung saya cukup mahir untuk menyelesaikan rubik, maka saya dapat menyelesaikan rubik 5 x 5 itu. Pengurus-pengurus mungkin tercengang atau kaget bahwa ada orang yang bisa menyelesaikan rubik yang sudah diacak rumit itu. Atau mungkin pertama kali melihat orang bisa menyelesaikannya? “Wehh, kok bisa sih?”, “Wah hebat banget!”. Padahal saya sudah lebih dari 2 tahun untuk belajar menyelesaikan segala bentuk rubik hingga ada yang berbentuk bola. Mungkin itu suatu kebetulan. Sampai sekarang pengurus pun langsung mengenali saya. “Eh, kamu Gagas ya? Si master rubik itu?”, “Ohh Gagas? Yang waktu itu nyelesaiin rubik ya?”. Duh jadi malu nih. Mungkin ini jalan yang Tuhan berikan agar saya bisa dengan mudah mengenal pengurus-pengurus dari PO. Saat saya sudah menyelesaikan rubik itu, saya memilih hadiah. Hadiah yang saya ambil adalah kaos dari PO Binus.

persekutuan oikoumene 5

Wah asik loh, saya diberi kesempatan untuk mengiringi beberapa lagu! Sumber: Grup Facebook Persekutuan Oikoumene 2019

Oh iya belum selesai, saya juga terlibat dalam pelayanan di gereja. Jadi saya ingin mencoba mengiringi nyanyian di EXPO. Lagu-lagunya adalah pujian yang sudah dikenal banyak orang. Saya memainkan mungkin sekitar 2 lagu. “Eh Gas kamu bisa gitar juga toh?”. Apa mungkin cuma saya yang jadi jemaat paling aktif? Duh hahaha.. Disamping itu, saya juga mencoba main cajon.. Setelah saya lihat, jam menunjukkan pukul 12.00. Waktunya kembali kepada tempat yang ditentukan oleh BC. Mereka pengurus PO memberikan salam kepada saya, dan memberikan informasi bahwa setiap hari Jumat rutin diadakan ibadah PO di Anggrek.

Sebelum pulang, BC memberikan informasi bahwa ada inaugurasi pada tanggal 3 September 2015. Sebenarnya ada surat loh untuk para BC. Kita ditugasin sama BC hari sebelumnya untuk membuat surat yang berisikan pesan dan kesan selama dibimbing para BC. Yah isi dari surat itu sangat private, jikalau tetap ingin tau isi suratnya, tanya ke BC saja ya. Mereka yang tau isi suratnya. Hehehe…. Setelah itu, selfie deh kita semua..

Family BBN01 😎_410

Family of BBN01!

 

 

 

Family BBN01 😎_6685

Family of BBN01

Weetttsss belum selesai, masih ada satu General Orientation yang ketinggalan.. English Foundation! Waduh, yang test Toefl, nilainya dibawah 457 siapa ya? Termasuk saya sih, hahaha… Saya 443 nih, sedih. Tapi lebih baik ikut dan wajib sih, daripada lewat dari 457, tapi tidak yakin dengan bahasa inggris sendiri. Jadi saya persingkat saja ya, didalam kelas BBN01 mungkin ada 20 orang yang mengikuti English Foundation. Kita kebagian jadwal jam 7.20 untuk praktik di lab, dan jam 9.20 untuk teori. Nah yang praktek, itu kita test toefl. Untuk teori, dosen mengajar kita bagaimana menyelesaikan test toefl dengan baik. English Foundation ini dijadwalkan selama seminggu, Senin hingga Sabtu. Dan baiknya, English Foundation ini baru diadakan diangkatan kita! Teman-teman BBN01 asik semua. Setiap selesai English Foundation, beberapa dari kita makan di warteg depan kampus. Sudah layaknya seperti keluarga besar.

Inilah akhir dari General Orientation..
Kepada para pembaca, saya mengucapkan terimakasih atas kesediaan waktunya membaca blog saya..

Salam:
Binusian 2019
Gagas Reka Baswara
Class: BBN01

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *