Academic Orientation in Binus University

Nahh kembali lagi sama saya.. Sekarang saya mau ceritain nih, ada apa aja sih Academic Orientation (AO) itu? Dalam pengertian saya itu, tentang pembelajaran. Namanya juga academic. AO diadakan setelah inaugurasi tanggal 3 September 2015 yang lalu. Ohh iya kan udah pada punya Binus Maya kan? Ya sudah tidak perlu khawatir, tinggal ikutin saja. Denger-denger dari temen itu semacam test logika.. Kita liat ceritanya yaa…

binus university

Binus University. Sumber: google.com

Hari pertama dari AO. Kita berkumpul dahulu di depan Admisi Anggrek. Cara berkumpulnya bagaimana? Ya janjian lah.. Hahaha..
“Eh ini AO biasanya ngapain dah?”,
“Tau nih, bosen. Mending dirumah aja tidur atau nge-dota”,
contoh percakapan diatas jangan ditiru ya.. Yah sebenarnya saya sendiri juga bingung sih ini ngapain.. Kita masuk ke kelas jam 11.20, 2 shift, dan itu selalu dijadwalkan hingga akhir AO. Setelah itu kita jalan bersama menuju ruang 621. Saat saya masuk, tapping, dan………. saya melihat seorang kakak yang cantik. Duh semangat belajar saya timbul dah. Muahahahahaha (tawa jahat). Seiring dengan berjalannya waktu, dia adalah salah satu dosen. Inisialnya R. Beberapa anak-anak BBN01 pasti tau deh dosennya siapa. Oh iya saya ganti nama kelas. Nama kelas untuk AO adalah LG01. Wedew, LG01 ini kelasnya sama seperti kelas English Foundation yang kemarin. Hanya ditambah-tambah aja..

nasi

Proses mengambil nasi. Sumber: google.com

Dosen R memberikan pengajaran tentang Algorithma I. Jadi kita semua belajar bagaimana proses itu terjadi secara berurutan. Misalkan kita makan, pastinya kita ambil piring, ambil sendok nasi, ambil nasinya, ambil sendok makan, dan lain sebagainya. Kita sih senang aja punya dosen yang cantik. So, jangan diam saja, tatap matanya tuh biar tidak mengantuk hahaha..

 

aw

A&W di Binus Anggrek. Sumber: google.com

Setelah selesai shift 1, kita istirahat, kemudian beberapa teman kelas saya ke A&W, All American Food. Biasa itu ada di Binus Anggrek lantai 1. Anggrek itu serasa sudah seperti mall. Kalian tau kita ngapain? Hanya pesan Ice cream monas satu buah! Yah karena terbatas waktu sih, kita jam 13.20 disuruh masuk kelas lagi. Udah selesai, nah pulangnya makan bareng di warteg. Sudah menjadi kebiasaan sih hahaha… Sayang sih ga ada fotonya..

Next, hari kedua, tak perlu lagi ya diceritain. Karena pada pagi hari, sampai ketemuan di Binus dengan teman-teman pun sama seperti hari kemarin. Hari ini ke kelas 524, belajar tentang “writing skill, presentation, mindmap, and reading”. Yah jadi itu seperti metode yang dipakai saat kuliah nanti. Bahasa Inggris pun dipakai di kampus ini. Dosennya seorang bapak, dan dosen ini termasuk dosen yang boring.. Tetapi saya berusaha untuk menetralisir. Hitung-hitung supaya tidak kaget jika bertemu dosen yang sifatnya seperti beliau.

Hari ketiga (lusa sejak hari kedua), ehh ketemu lagi deh sama dosen R. Kita hari ini di kelas 621 langsung loncat ke algoritma ke-3. Wah itu artinya kita coding… Yey saya senang dengan coding. Proses pembelajarannya sama seperti General Orientation sebelumnya yang diajarkan oleh BC. Jadi jika ingin tau codingannya gimana, datang aja ke Binus. Hahaha, atau lihat blog saya dibagian General Orientation.

perpus binus

Perpustakaan Binus Anggrek. Sumber: google.com

Oh iya setelah selesai makan siang, saya bersama beberapa teman saya pergi ke library di Binus Anggrek. Saya sudah pernah kesana sekali saat General Orientation. Perpustakaannya didalam banyak buku-buku, dan juga dilengkapi fasilitas komputer, jumlahnya ada 10. Perpustakaan menyediakan kurang lebih 30 meja, dan mejanya itu berisikan 2 buah stop kontak. Jadi artinya jika kita membawa laptop, disitulah kita bisa mengerjakan proyek atau tugas. Perpustakaan pada waktu saya kunjungi, sangatlah sepi, sehingga nyaman dan betah untuk ditempati. Sekali lagi saya tekankan, perpustakaan bukan tempat bermain game online. Jadi sadar diri ya.. Saya di perpustakaan belajar coding. Yah basic-basic dari coding itu memang penting, tidak ada salahnya kita belajar hal-hal yang diajarkan oleh dosen. Dibagian luar, ada tempat lesehan, wah jadi lebih banyak tempat untuk menampung orang, ada juga ruangan khusus untuk belajar presentasi. Wah Binus benar-benar memfasilitasi kebutuhan muridnya.

Hari keempat adalah HTTP. Kalian bisa lihat di bagian recent posts yaa… Tapi kalau mau di skip juga boleh kok. Hehe..

Hari kelima dan keenam, duh saya mau menulis untuk blog hari ini apa ya? Soalnya begini loh, hari kelima dan keenam ini sama persis seperti hari pertama dan kedua. Hanya saja pelajarannya berbeda. Hari kelima kita belajar coding, tetapi lebih mendalam. Hari keenam sama seperti hari kedua yang sangat membosankan bagi saya. Tetapi setidaknya saya bisa mengikuti hari-harinya dengan baik. Ngomong-ngomong untuk hari keenam saya sengaja terlambat loh hehe.. Soalnya jika saya lihat dosennya, dia tidak peduli dengan masalah absensi mahasiswa. Setelah itu setiap hari saya membawa laptop dan belajar di perpustakaan Anggrek.

himti

HIMTI Binus University. Sumber: google.com

Hari ketujuh, jam 9.20 kita semua pergi ke ruangan 400, yaitu ruangan auditorium. Jika dilihat dari jadwal di Binus Maya, kita semua akan mempelajari tentang kurikulum. Di auditorium satu kelas LG01 berkumpul di sayap kiri bagian tengah. Kedua MC hadir dan salah satu dari MC itu yang pernah ikut salah satu MC di HTTP. Kemudian munculah pembicara, dia membicarakan siapa saja “Head of Deputy” dari berbagai bidang. Tetapi saya terlalu bosan dengan hal itu, dan lebih banyak bercanda dengan teman-teman dibanding mendengarkan. Jangan ditiru loh yang begini nih. Oh iya kemudian MC datang lagi, dan membicarakan tentang HIMTI. Masih ingat kan HIMTI itu apa? HIMTI adalah Himpunan Mahasiswa Tehnik Informatika. Yah mereka membuka lowongan untuk menjadi aktivis di HIMTI, yaitu SPAH. Saya tidak tau kepanjangan SPAH, karena saya tidak terlalu tertarik. Kemudian kita pulang jam 13.00, dan saya ke perpustakaan.

Hari terakhir, dengar-dengar hari ini ada Idea Competition, yang artinya mungkin kita akan di-test secara logic. Sebelum itu ada kelas, yaitu pembelajaran mengenai Support Center. Jadi jika ada masalah, kita datang ke tempat-tempat support center. Misalkan kita ingin curhat, ada saran, ada kritikan, ada keluhan, kita bisa langsung datang ke tempat-tempat tersebut. Baru deh jam terakhir kita idea competition. Saya masuk ke kelas 621. Dengan segala kemampuan, saya mengerjakan test sebaik mungkin.. Pulang kuliah, saya ke perpustakaan untuk me-review ulang ujian yang tadi. Tetapi saya mengantuk di perpustakaan,dan akhirnya saya memutuskan untuk membuka social media..

Itulah akhir dari Academic Orientation di Binus University. Terimakasih kepada para pembaca, nantikan blog selanjutnya!

Salam:
Binusian 2019
Gagas Reka Baswara
Class: BBN01 – LG01

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *